Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Berpuasa

 


Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Berpuasa

 

Puasa adalah bagian penting dari iman Muslim, dan meskipun sebagian besar anak-anak tidak akan berpuasa sendiri, penting untuk mengajari mereka cara berpuasa. Jika anak Anda sudah cukup umur untuk memahami konsep ini dan membuat peraturan sendiri tentang kapan mereka makan dan minum, maka doronglah mereka untuk berpuasa!

 

Jangan Terburu-Buru - Biarkan Mereka Menentukan Aturan Mereka Sendiri.

 

Jika Anda lelah membuat anak Anda berpuasa, inilah saatnya untuk bersantai. Jangan terburu-buru - biarkan mereka membuat aturan dan pedoman sendiri. Anda dapat membantu mereka memahami pentingnya berpuasa dengan menggunakan cerita atau cara lain untuk menjelaskan apa yang terjadi jika mereka tidak makan sama sekali (misalnya, mereka mungkin merasa lapar sepanjang malam).

 

Jika anak Anda masih cukup kecil, tidak masalah baginya untuk makan camilan atau makanan ringan selama jam sekolah atau setelah latihan/permainan olahraga, tetapi tidak sebelum sekolah dimulai kembali! Durasi puasa harus berkisar antara dua jam hingga enam jam, tergantung pada kelompok usia, tetapi tidak lebih dari empat jam per hari untuk orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun (kecuali jika ada ketentuan lain).

 

Tidak Masalah Untuk Menikmati Camilan Atau Makanan Di Sekolah Atau Ketika Mereka Menyelesaikan Rutinitas Mereka.

 

Tidak masalah untuk menikmati camilan atau makanan di sekolah atau ketika mereka menyelesaikan rutinitas mereka. Jangan biarkan mereka makan terlalu banyak, terutama jika mereka masih kecil. Pastikan mereka tetap terhidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari dan pastikan mereka tidak minum terlalu banyak kafein atau alkohol. Juga hindari camilan manis karena dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak di atas usia enam tahun yang dapat menyebabkan masalah pada gigi mereka di kemudian hari, jadi cobalah untuk tidak memberikan mereka makanan ini kecuali jika hanya sesekali saja!

 

Jika Memungkinkan, Buatlah Waktu Berpuasa Menjadi Singkat, Tidak Lebih Dari Empat Jam.

 

Ketika Anda berpuasa, penting untuk diingat bahwa semakin lama Anda berpuasa, semakin sulit untuk melakukannya. Alasannya sederhana saja: Semakin lama Anda berpuasa dan semakin sering Anda makan selama berpuasa (atau bahkan setelahnya), semakin besar kemungkinan salah satu dari hal-hal berikut ini akan terjadi:

 

Anda akan membatalkan puasa Anda. Banyak orang berpikir bahwa membatalkan puasa berarti mereka telah gagal berpuasa. Ini tidak benar! Membatalkan puasa tidak berarti sesuatu yang buruk telah terjadi kecuali ada sesuatu yang salah dengan tubuh atau pikiran Anda selama periode waktu tersebut-seperti penyakit atau cedera-yang mencegah pencernaan yang baik terjadi (dan dengan demikian mencegah penyerapan penuh). Dalam kasus-kasus di mana berbuka puasa tidak memungkinkan karena keterbatasan fisik, seperti tidak dapat berjalan-jalan dalam keadaan telanjang sepanjang hari tanpa bantuan orang lain yang bersedia melepaskan diri dari tubuh mereka sendiri dengan tetap berpakaian lengkap... maka kita sebut saja mereka sebagai "orang aneh"!

 

Hal Terbaik Yang Dapat Anda Lakukan Adalah Berbicara Dengan Anak Anda Tentang Puasa Dan Mendorong Mereka Untuk Membuat Peraturan Sendiri.

 

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan anak Anda tentang puasa dan mendorong mereka untuk membuat peraturan sendiri. Jika mereka ingin berpuasa selama satu atau dua hari, tidak masalah. Jika mereka ingin berpuasa lebih lama, itu juga bagus! Yang terpenting adalah mereka mengerti mengapa Anda berpuasa dan apa akibatnya jika mereka tidak makan.

 

Doronglah Anak-Anak Untuk Berpuasa; Pastikan Anda Mengajari Mereka Apa Artinya, Bagaimana Melakukannya, Dan Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Berpuasa.

 

-  Bicarakan dengan anak Anda tentang puasa.

- Ajarkan mereka cara berpuasa.

- Ajarkan mereka apa artinya berpuasa dan berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk terbiasa dengan cara makan yang baru.

 

Puasa adalah hal yang indah, dan ini adalah sesuatu yang harus diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Begitu mereka memahami konsep puasa, mereka akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dapat mereka lakukan sendiri dalam hal pilihan makanan dan pengendalian diri. Hal ini terutama berlaku jika Anda mencoba untuk mengajarkan mereka tentang pentingnya menjadi sehat ketika menyangkut masalah citra tubuh di kemudian hari (yang kita semua tahu betul).

Posting Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Berpuasa"